Friday, March 17, 2006

hail to people behind the screen!

Apa sih yang lo pikirin kalo lo liat dunia gemerlap artis di tv ataupun secara live? Kalo emang fansnya, bilangnya pasti seru, heboh, asyik, gemerlap, pengeeennn!! Tapi kalo bukan fans, komennya bakalan seputar mahal, artificial, dan yang paling sering ditanyain adalah, ‘pinter gak sih mereka?’

Susah juga ya buat nge-judge apakah seorang artis itu pinter atau nggak. Apalagi kalo lo nggak berinteraksi langsung sama dia. Untungnya buat para artis, people behind their scene always try and have to try to make them look smart. Kalo ada ngomong salah-salah di-edit, ngarahin dengan buat script yang bagus, ngasih brief yang super jelas sebelum mulai acara, dan berbagai aksi lain supaya buat mereka terlihat sempurna. Well, at least di layar kaca.

Cuma yaa.. emang mau gak mau tetep aja kalo emang agak kurang bisa keliatan aja. Lets say, suatu weekly program ber-rating tinggi yang dibawakan dengan membaca prompter. Assuming producernya sama, berarti kan bobot setiap program sama ya, tapi celakanya ada satu artis cewek belia yang musti take sampe 4 jam! Meanwhile sebagai perbandingan, kalo yang bawain band berisi 5 orang pun paling ngabisin waktu 1,5an lah rata-rata. Padahal tentunya lebih banyak orang lebih susah ngarahin.

Atau misalnya yang berkasus dengan wawancara. Ada seorang artis internasional dateng. Sang produser udah pada heboh buat script supaya beritanya bener-bener keluar. Tapi ternyata, yang ada wawancaranya kaya wawancara kerja. ‘ok, so, tell me about your first album?’, ‘ok, now how about your single?’, ‘ok, how many songs that you’re going to play?’.. hellooo… have you heard the word ngobrol?? Yah tapi sayangnya mata Indonesia masih suka silau sama yang diluar, sepanjang itu cakep dan menjual mah, perpanjang lagi kontraknyaaaa!!!

Last tentang sesuatu yang cukup basic, bahasa Inggris yang ngaco, daily conversation pula lho padahal. Gila ya, padahal baju mereka aja harga gue kursus Inggris sampe 5 taon! Untuk mengucapkan kata-kata yang cukup simple kaya ‘hollywood cemetery forever’ (I kinda lupa kata ketiganya apa, tapi sama ‘biasa’nya lah), itu bisa retake sampe berulang kali. Nah kebalikannya kalo udah begitu, kata yang mengandung bahasa Indonesia asli kaya ‘cendol’, itu bisa diucapin dengan logat bule ‘cheyndhol’. Ya ampyunn..

No comments: