Monday, May 09, 2005

it takes (at least) two to tango

Suka serem sama cerita orang-orang lately. Bagaimana hubungan seseorang bisa berubah dari yang asalnya saling sayang, sampai akhirnya saling benci. Orang yang paling bisa bikin lo sakit adalah orang yang paling lo sayang, bisa jadi ortu lo, temen, pacar, siblings, etc.

Jaman-jamannya gue baca Chicken Soup, ada satu quotation yang gue terus inget sampe sekarang. Intinya sih, kalo kita care sama seseorang, perlakukanlah dia seperti pasir diatas tangan kita. Kalo kita menggenggam pasir itu terlalu kuat, dia bakal sesak dan pelan-pelan keluar dari sela-sela jari kita. Tapi kalo kita buka jarinya, pasir-pasir itu bakal nyaman di telapak tangan kita.

Ada benernya sih quotation itu, tapi ada kurangnya juga. Emangnya kagak cape si tangan nampung pasir melulu? Terus, apa si tangan dan pasir itu gak bisa saling berbagi dengan elemen kehidupan yang lain?

Gimana kalo analoginya gue ganti jadi garam dan merica. Dua-duanya bisa bebas explore kemana aja dan shows their best di dunia mereka masing-masing. Tapi kalo disatuin pun mereka bisa cocok, asal tepat formulanya. Walau bisa juga saling ngacoin kalo emang lagi datang bulan tidak oke. Dan namanya juga sama-sama bumbu dapur, apakah salah untuk saling mengisi dan saling berbagi? Antar mereka sendiri, dengan bumbu-bumbu dapur yang lain, ataupun dengan specialties mereka masing-masing?

Rasa sayang, gak mo kehilangan, sebel, sedih, seneng itu bukan keran air yang bisa dibuka tutup kapan aja kita mau. Disinilah peran otak dan pikiran realistis, sesuatu yang seringnya gak berfungsi kalo udah pake hati. Karna emang hati dan otak suka gak singkron jalannya (punya gue sih seringnya begitu).

Yah tapi, yang penting kan usaha. Marilah kita selalu berusaha untuk mempertahankan rasa sayang. Terusin doa tiap malemnya untuk nyamain visi dan misi. Pegang tangannya aja kuat-kuat karna kalo hatinya bisa kepegang berarti gue sebenernya pembunuh bayaran yang terus ketawa membahana sambil memegang hatinya yang berlumuran darah bak di pelem-pelem thriller.

Kalo ternyata orangnya tetep mo pergi dan masi doyan ngilang tanpa pamit? Well, guess we’ve done our best and there’s nothing else that we can do, right? Karna semuanya itu tango, and it takes (at least) two to tango. Kalo yang satu maunya tango dan yang lain salsa ribet dooong ;)

No comments: